Pertempuran Ambarawa
   Peristiwa ini bermula kedatangan tentara Sekutu yang dipimpin oleh Brigjend Bethel di Semarang tujuan pasukan ini awalnya mengurus tawanan Jepang. Namun NICA kemudian mempersenjatai para tawanan ini untuk memebuat kekacaan di Magelang dan Ambarawa. Pertempuran sudah dimulai pada 20 November 1945, pertempuran ini mancapai puncaknya pada tanggal 12-15 Desember 1945 dibawah komando kolonel Sudirman, dengan strategi peperangan secara brilian dari kolonel Sudirman. Pasukan BKR berhasi memukul mundur pasukan sekutu dari Semarang. Karena jasanya inilah Kolonel Sudirman diangkat sebagai Panglima TKR mengantikan Supriyadi yang tidak muncul dengan pangkat baru panglima besar Jendral Sudirman. Peristiwa ini diperingati sebagai hari  Infanteri setiap tanggal 15 Desember.

Pertempuran Medan Arean 
  Pasukan Sekutu memasuki Medan dibawah pimpinan Brigadir Jendral Ted kelly, didahului oleh pasukan komando pimpinan Kapten Westerling.

  Pada tanggal 18 Oktober 1945 Sekutu mengeluarkan ultimatun yang isinya.
a. Melarang rakyat bersenjata.
b. Semua senjata harus diserahkan kepada sekutu.

Kerena Ultimatum tidak dihiraukan oleh masyarakat, pasukan Sekutu mengarahkan pasukanya untuk menyerang kota Medan dan sekitarnya. Namun serangan Sekutu dihadapi dengan gagah berani para pejuang dibawah pimpinan Kolonel Ahmad Tahir.

0 Response to " "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel