Pengertian pembunuhan

Pengertian pembunuhan

Membunuh berati melenyapkan nyawa seseorang, baik disengaja maupun tidak disengaja, dengan alat mematikan atau tidak mematikan.
Pembunuhan ada tiga macam
Antara lain sebagai berikut.

Pengertian pembunuhan


1. Pembunuhan yang dilakukan dengan sengaja (قتل عمد)
Yaitu pembunuhan yang telah direncanakan dengan memakai alat yang bisa mematikan seseorang, dikatakan membunuh dengan sengaja apabila pembunuh tersebut, baligh dan mempunyai niat atau rencana untuk melakukan pembunuhan, memakai alat yang biasanya mematikan manusia, sedangkan orang yang terbunuh adalah orang baik-baik. Pembunuhan dengan sengaja antara lain dengan membacok korban, menembak dengan senjata aphg memukul dengan benda keras, menggilas dengan mobil, mengalirkan listrik ke tubuh si korban dan sebagainya. Bagaimana kalauyang dibunuh itu janin yang masih dalam kandungan ibunya dengan cara aborsi (pengguguran). Masalah ini menjadi penting dibicarakan, karena kasus-kasus aborsi dengan cara medis (meminum Obat tertentu atau suntikan) dalam kehidupan masyarakat modern sekarang ini merupakan masalah yang yang cukup serius. Hal seperti ini biasa dilakukan oleh orang-orang yang hamil di luar nikah atau kehamilan yang tidak diharapkan oleh pasangan yang sah sekalipun. Aborsi harus dipandang; sebagai suatu pembunuhan yang disengaja atau direncanakan, dan layake pelakunya mendapat sanksi hukum. hukum Islam menetapkan bahwa janin? memiliki hak hidup. Hal ini diperkuat dengan fakta bahwa semua madzab; memerintahkn untuk menunda pelaksanaan hukuman mati bagi seorang wanitae yang hamil sampai ia melahirkan.

2. Pembunuhan seperti disengaja (قتل شبة عمد)
   yaitu pembunuhan yang terjadi sengaja dilakukan oleh seorang mukallaf dengan alat yang biasanya tidak mematikan. Perbuatan ini tidak diniatkan untuk membunuh, mungkin sekali dengan main-main, misalnya dengan sengaja memukul orang lain dengan cambuk ringan atau dengan mistar, akan tetapi yang terkena pukul kemudian meninggal.

3. Pembunuhan bersalah  (قتل خطا)
    Yaitu pembuanuhan karena kesalahan /keliru semata-mata tanpa direncanakan dan tanpa maksud sama sekali. Misalnya seorang melempar batu atau menembak burung akan tetapi terkena orang kemudian meninggal.

Dasar Hukum Larangan Membunuh 
Membunuh adalah larangan dalam agama islam. Karna islam mengharigai dan menlindungi setiap hak hidup seseorang.
Firman Allah Swt.
                           وَلَا تَقْتُلُوا النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقّ

Artinya: Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya), melainkan dengan suatu (alasan) yang benar. (Qs. Al Isra ayat 33)

0 Response to "Pengertian pembunuhan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel