Pengertian dan Faktor Pendorong Perdagangan Iternasional

Pengertian Perdagangan Iternasional

Adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk/pihak dari sebuah negara dengan penduduk/pihak dari negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Contohya perdagangan internasional yang dilakukan oleh Indonesia Dengan Belanda, Indonesia mengirim bahan dasar kain ke Belanda Sedangkan Belanda mengirim kebutuhan pangan ke Indonesia, langkah ini utnuk bisa juga dikatan untuk mengatasi bahan-bahan yang kurang/tidak ada didalam negri maka dari itu langkah yang dilakukan pemerintah adalah melakukan perdagangan Internasional.

Pengertian dan Faktor Pendorong Perdagangan Iternasional


Adapun faktor yang menyebabkan terjadinya perdagangan Iternasional, antara lain sebagai berikut.

1. Perbedaan Faktor Produksi
   Sebuah negara memiliki perbedaan ketrampilian tenaga kerja (SDM), besarnya modal yang dimiliki, dan perbedaan kreatifitas para pengusaha. Oleh sebab itu, produk yang dihasilkan oleh sebuah negara juga mengalami perbedaan, sehingga diperlukan adanya perdagangan untuk melengkapi kebutuhan tiap negara.

2. Perbedaan Sumber Alam
   Selain faktor perbedaan Produksi, setiap negara juga memiliki kekayaan alam yang berbeda, sehingga hasil pengolahan alam yang dinikmati juga berbeda. Oleh karena sumber kekayaan alam yang dimiliki sebuah negara sangat terbatas, sehingga dibutuhkan perdagangan internasional untuk melengkapi kebutuhannya.

3. Keinginan melakukan kerjasama dengan negara lain
   Perdagangan internasional dapat menjadi salah satu cara yang dilakukan untuk mempererat hubungan dengan negara lain sehingga kerjasama dalam berbagai bidang juga dapat tercipta

4. Adanya Persaingan Antar Pengusaha Dan Antar Bangsa
   Dengan adanya persaingan ini akan berakibat suatu negara meningkatkan kualitas barang hasil produksi dengan biaya yang terbilang ringan, sehingga bisa bersaing dalam dunia perdagangan.

5. Adanya kelebihan produk dalam negeri
   Adanya kelebihan produksi atau surplus produksi dalam negeri sehingga tidak dapat dikonsumsi seluruhnya di dalam negeri dan perlu memjual produk tersebut ke luar negeri agar harga sebuah barang tidak menjadi sangat murah karena jumlah yang berlimpah.


0 Response to "Pengertian dan Faktor Pendorong Perdagangan Iternasional"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel