Pengertian Cerpen dan Struktur Cerpen

Pegertian Cerpen

Cerpen adalah suatu karya sastra pendek yang menceritakan kisah cerita dari suatu tokoh yang di dalamnya terdapat permasalahan serta solusi dari masalah tersebut.
Cerpen sering disebut juga sebagai cerita pendek. Cerpen yaitu suatu Gema tercipta dari inspirasi sang penulis, inspirasi itu bisa datang dari cerita nyata ataupun dari suatu imajinas'i sang penulis.

Struktur Cerpen


1. Abstrak
   Merupakan bagian awal dalam cerita atau ringkasan utama dari cerpen yang dikembangkan dalam rangkaian-rangkaian peristiwa.
  a. Abstrak merupakan ringkasan atau inti cerita.
  b. Abstrak pada sebuah teks cerita pendek bersifat Opsional, artinya sebuah teks cerpen bisa saja tidak melalui tahapan ini.

2. Orientasi
Disebut juga perkenalan, Pada bagian ini penulis membuka cerita dengan memperkenalkan beberapa unsure cerita, seperti tokoh dan latar Pada bagian ini berkaitan dengan waktu, tempat, suasana dan alur pada cerita tersebut.
a. Orientasi merupakan struktur yang berisi pengenalan latar cerita berkaitan dengan waktu, ruang, dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerpen.
b. Latar digunakan pengarang untuk menghidupkan cerita dan meyakinkan pembaca.
c. Dengan kata lain, latar merupakan sarana pengekspresian watak, baik secara fisik maupun psikis.

3. Komplikasi
Komplikasi berisi urutan kejadian, dimana antar kejadian hanya dihubungkan secara sebab akibat, artinya peristiwa yang satu disebabkan atau menyebabkan terjadinya peristiwa yang lain. Adalah bagian dalam teks cerita'yang ditandai dengan munculnya konflik atau masalah. Pada bagian komplikasi berisikan urutan dari kejadian yang dihubungkan dengan sebab dan akibat. Pada bagian ini biasanya menunjukan watak dari tokoh cerpen tersebut serta mulai muncul kerumitan

Pada bagian komplikasi akan ada bagian, antara lain sebagai berikut.
a. karakter atau watak peiaku cerita yang diekspresikan dalam ucapan dan tindakan tokoh.
b. berbagai kerumitan (konflik) yang akan mengarah pada klimaks, yaitu saat sebuah konflik mencapai tingkat intensitas tertinggi.
c. klimaks ini merupakan keadaan yang mempertemukan berbagai konflik dan menentukan bagaimana konflik tersebut diselesaikan dalam sebuah cerita.

4. Krisis
Adalah bagian dari teks cerita pendek yang ditandai dengan memuncaknya masalah (klimaks). Pada bagian ini sudah mulai muncul penyelesaian dari konflik yang muncul dalam cerpen.

5. Resolusi
Resolusi disebut penyelesaian. Dalam tahap resolusi, masing masing tokoh berhasil menyelesaikan masalah yang terjadi. Pada bagian struktur ini berisikan solusi dari masalah yang dihadapai dalam cerita.

6. Koda (coda)
Yaitu pesan atau amanat dalam cerita, baik eksplisit maupun implisit yang disampaikan pengarang kepada pembaca. Pada bagian ini berisikan amanat berupa niiai atau pelajaran yang disisipkan penulis dalam cerita tersebut agar pembaca dapat memetik prlajaran dari cerita tersebut.

0 Response to "Pengertian Cerpen dan Struktur Cerpen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel