Pengertian Bank, Jenis Bank, dan Fungsi Bank

Pengertian Bank

Teman-teman tidak asing lagi dengan Bank bahkan teman-teman ada yang sering keluar masuk Bank, tapi jangan keluar masuk sel tahanan lo, tapi apakah teman semua tahu apa pengertian bank, jenis-jenis bank, dan fungsi dari bank, nah mari kita bahas satu persatu bagi teman-teman yang belum tahu.
 Bank adalah lembaga intermediasi keuangan yang bertugas menghimpun dan menyalurkan dana di masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup rakyat. Sedangkan pengertian perbankan adalah segala sesuatu yang berhubungan tentang bank. Penghimpunan dana dari masyarakat dilakukan bank melalui simpanan atau tabungan dan penyaluran dana dilakukan melalui kredit atau pinjaman kepada masyarakat.

Jenis-jenis Bank Dari Segi Tugas
Antara lain sebagai berikut.

1. Bank Sentral.
   bank yang tugasnya dalam menerbitkan uang kertas dan logam sebagai alat pembayaran yang sah dalam suatu negara dan mempertahankan konversi uang dimaksud terhadap emas atau perak atau keduanya.

2. Bank Umum.
   bank yang bukan saja dapat meminjamkan atau menginvestasikan berbagai jenis tabungan yang diperolehnya, tetapi juga dapat memberikan pinjaman dari menciptakan sendiri uang giral.

3. Bank Perkreditan Rakyat (BPR). 
    bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.

4. Bank Syariah.
   bank yang beroperasi berdasarkan prinsip bagi hasil (sesuai kaidah ajaran islam tentang hukum riba).

Jenis-Jenis Bank dari Segi Kepemilikan
Antara lain sebagai berikut.

a. Bank pemerintah
   Merupakan bank yang sahamnya dimiliki sebagian atau sepenuhnya oleh pemerintah contoh Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia, Bank Rakyat Indonesia dan Bank Tabungan Negara.

c. Bank swasta
   Merupakan bank yang sahamnya dimiliki sebagian besar oleh pihak swasta contohnya Bank Central Asia (BCA), Bank Danamon, Bank Mega, dan Bank Bukopin.

d. Bank asing
   Merupakan cabang bank dari luar negeri yang sahamnya dimiliki oleh pihak asing, contohnya HSBC, Bank of China, Bank of America, Bangkok Bank, dan JPMorgan Chase.

e. Bank pembangunan daerah
   Merupakan bank yang sebagian atau seluruh sahamnya dimiliki oleh pemerintah daerah provinsi contohnya Bank Sumut, Bank Jambi, Bank Jatim dan Bank Jateng, DLL.

f. Bank campuran 
   Merupakan bank yang didirikan oleh satu atau lebih bank umum berkedudukan di Indonesia dengan satu atau lebih bank berkedudukan di luar negeri contoh Bank ANZ, Bank Commonwealth dan Bank DBS.

Fungsi Dari Bank
 Antara lain sebagu berikut.
1. Bank sebagai penyalur kredit atau pinjaman.
2. Bank sebagai tempat menyimpan atau menabung.
3. Bank sebagai penukar mata uang asing.
4. Bank sebagai pengatur peredaran uang.
5. Bank sebagai lembaga yang menjaga kestabilan nilai uang.


0 Response to "Pengertian Bank, Jenis Bank, dan Fungsi Bank"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel