Penertian Zaman Arkaikum, Paleozoikum, Neozoikum dan Mosiziikum

Terjdinya bumi menurut ilmu Falak diperkiran berlangsung 2500 juta tahun yang lalu. Sedangkan menurut ilmu geologi yaitu ilmu yang mempelajari bumi dibedakan menjadi beberapa bagian, antara lain sebgai berikut.

a.  Zaman Arkaikum
Disebut juga zaman Azokum yang berlangsung  2.500 juta tahun yang lalu. Pada masa ini bumi masih sangat panas. sehingga belum ada tanda-tanda kehidupan.

b. Zaman Paleozoikum (Primer)
Zaman ini disebut juga zaman hidup tua yang berlangsung  340 juta tahun yang lalu. Zaman ini ditandai dengan munculnya binatang-binatang kecil hingga amfibi dan reptil.

c. Zaman Mesozoikum (sekunder)
Zaman ini disebut juga zaman pertengahan yang berlangsung 140 juta tahun yang lalu. Pada zaman ini hidup binatang reptil dengan ukuran tubuh yang sangat besar. Contohnya Dinosaurus dengan panjang 12 meter dan Atlantozaurus dengan panjang 30 m. Zaman ini disebut zaman reptil.

d. Neozoikum (Kanozoikum)
Disebut juga zaman hidup baru, yang berlangsung  60 juta tahun yang lalu. Zaman ini dibagi dua bagian, yaitu sebagai berikut. 

    1. Zaman tersier, pada masa itu binatang menyusui berkembang sempurna, sedangkan reptil lambat Iaun mulai lenyap.
   
    2. Zaman kuarter, zaman ini dianggap penting karena merupakan awal kehidupan manusia. Zaman kuarter dibagi dua bagian, yaitu sebagai berikut.

    a. Zaman Dillivium, disebut juga zaman es atau interglasial. Pasa masa es ini Eropa Utara, Asia Utara, dan Amerika Utara tertutup oleh es yang sangat luas. Sedangkan bagian barat Indonesia pada masa itu bersatu dengan Asia; sedangkan bagian timurnya bersatu dengan Benua Australia. Daratan yang menghubungkan Indonesia dan Asia disebut Paparan Sunda, sedangkan yang menghubungkan Indonesia dengan Australia disebut Paparan Sahul.

     b. Zaman Alluvium (Holosen), ditandai dengan makin meningkatnya kemajuan kehidupan manusia seirama dengan perkembangan fisik dan akal budinya, yaitu manusia jenis Homo Sabiens, yaitu jenis manusia seperti saat ini.

0 Response to "Penertian Zaman Arkaikum, Paleozoikum, Neozoikum dan Mosiziikum"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel