Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Uang yang Beredar

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Uang yang Beredar
  Perdaran uang tidak terjadi begitu saja adapun faktor penyebabnya, contohnya pada saat Lebaran uang yang beredar dalam masyarakat akan meningkat drastis, itu karena kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat, dan masih banyak contoh lainnya,
 Faktor yang mempengaruhinya anatra lain sebagai berikut.

1. Selera Masyarakat.
    Selera masyarakat akan mempengaruhi jumlah uang yang beredar. Misalnya, peningkatan permintaan terhadap mode pakaian baru akan mempengaruhi uang yang beredar.

2. Harga Barang. 
    Harga barang mempengaruhi uang yang beredar. Misalnya, jika harga barang naik, maka jumlah dan peredaran uang akan semakin cepat.

3. Pendapatan Masyarakat
    Pendapatan adalah jumlah uang yang diterima oleh masyarakat dalam jangka waktu tertentu. Semakin tinggi penda-patan masyarakat, semakin besar pula uang yang beredar dalam masyarakat. Sebaliknya, semakin rendah pendapatan masyarakat, semakin sedikit uang yang beredar dalam masyarakat.

4. Tingkat Suku Bunga.
    Tingkat suku bunga akan mempengaruhi jumlah uang yang beredar. Bila tingkat suku bunga rendah, masyarakat akan enggan menyimpan uang di bank. Oleh karena itu, jumlah uang yang beredar akan meningkat. Sebaliknya, jika tingkat suku bunga tinggi, jumlah uang yang beredar menurun karena banyak orang yang menyimpan uangnya di bank.

5. Jumlah Penduduk
    Tingkat jumlah uang yang beredar juga tidak akan lepas dengan sakut pautnya jumlah penduduk, karena apabila semakin banyak jumlah penduduk maka akan banyak juga uang yang beredar begitu pula dengan sebaliknya.

6.  Kemudahan dan Kepastian Mendapatkan Kredit.
Fasilitas Kredit (cara pembayaran) dengan menggunakan kartu kredit atau cara angsuran akan mempengaruhi jumlah uang yang beredar dalam masyarakat. Misalnya, jika seseorang melakukan pembelian dengan menggunakan kartu kredit, maka permintaan uang tunai akan semakin menurun.
 

0 Response to "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Uang yang Beredar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel