Fakta Sejarah

 Sebuah unsur yang dijabarkan secara lansung maupun tidak langsung dari sumber-sumber sejarah setelah melalui pengujian seksama sesuai dengan hukum atau motode sejarah. Dengan kata lain fakta sejarah adalah kesimpulan-kesimpulan sejarawan terhadap kejadian-kejadian historis yang terjadi ditempat dan waktu tertentu.
 Fakta sejarh dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut:

a.Fakta sosial
  Berdasarkan perilaku individu maupun kelompok yang digunakan untuk menunjang kegiatan sosial antar manusia masa lampau. Fakta sosial mampu menggambarkan suasana zaman tersebut, serta menunjukkan suatu kemajuan dan keterampilan pada suatu system kemasyarakatan.
 Misalnya, masalah-masalah yang dibatasi pada masa Oerde Baru tertanam kuat kehidupan masyarakat Indonesia, cerita siti nurbaya ,surat kartini kapada nyonya abendanon yang di kumpulkan dalam buku Habis gelap terbitlah terang. Dalam hal ini dapat di lihat kehidupan sosial masyarakat pada masa lampau.

b. Fakta Mental dalam Sejarah
    Keseluruhan dari tatanan yang berkembang dimasyarakat pada suatu zaman menjadi penggerak sejarah yang meliputi konsep, ide-ide, gagasan, paham, opini masyarakat, semangat, ideologi, aspirasi, inspirasi, dan sebagainya.
 ontohnya nekara perunggu di Pejeng (Bali) untuk dipuja. Adapun artefak yang juga menunjukkan fakta sosial dan ciri fakta mental, contoh kapak perunggu atau bejana perunggu adalah artefak yang merupakan fakta konkret, tetapi jika dilihat dari hiasannya dapat berfungsi sebagai fakta sosial, dan jika menempatkan kapak perunggu dan bejana perunggu sebagai sistem kepercayaan maka disebut fakta mental.

0 Response to "Fakta Sejarah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel