Bentuk Perlawan Rakyat Kepada Jepang

Bentuk perlawan Rakyat Kepada Jepang

  Perlawan kepada jepang hampir dilakuakan dipenjuru Nusantara, Antara lain sebagai berikut/

a. Perlawan Rakyat di Cot Pleing (10 November 1942)
     Perlawanan ini dipimpin oleh Tengku Abdul Jalil, seorang tokoh guru ngaji. Perlawanan ini bermula dari Jepang yang menyerbu Masjid di Cot Pleing, masjid terbakar dan banyak pasukan dari Abdul Jalil yang gugur dan Tengku Jalil wafat tertembak oleh Jepang.

b. Perlawan Rakyat di Pontianak (16 Oktober 1943)
     Perlawanan ini dilakuakan oleh suku Dayak di pedalaman seta kaum feodal di hutan-hutan. Latar belakang perlawanan ini karena meraka menderita akibat tindakan Jepang yang kejam. Tokoh dari perlawanan ini adalah Utin Patimah.

c. Perlawanan Rakyat di Sukamanah, Singaparna, Jawa Barat (25 Februari 1944)
    Perlawanan ini didampang oleh KH. Zainal Mustofa, perlawan ini lebih bersifat keagamaan. KH. Zainal Mustofa sudah tidak tahan lagi penindasan dan pemerasan yang dilakuakan oleh jepanng, serta pemaksaan menyebah kaisar jepang Tenno Heika ( Seikeirei). KH. Zainal Mustofa seta 27 orang lainya dihukum mati pada 25 Oktober 1944.

d. Perlawanan Rakyat di Cidempet, kecamatan Lohbener, Indramayu (30 Juli 1944)
    Perlawanan ini dipimpin oleh H. Madriyas, Darini, Surat, Tasiah dan H. Kartiwa. Perlawanan ini bermula dari pengambilan paksa hasil pertanian rakyat oleh jepang, setelah panen hasil tani tersebut langsung diangkut kebalai desa oleh jepang, namun perlawan ini bisa dipadamkan secara kejamoleh Jepang dan tokoh pemimpin ditangakap oleh Jepang.

e. Perlawan Rakyat di Irian Jaya
   Perlawanan terjadi di beberapa daerah di Irian Jaya, antara lain sebagai berikut.
  1.Perlawanan Rakyat di Biak (1944)
      Pelawan ini dipimpin oleh L. Rumkorem pemimpin gerakan (Koreri). Perlawan ini diakibatkan kekejaman Jepang sudah mulai menjadi yaitu perbudakan oleh Masyarakat Biak. Dalam perlawanan ini banyak jatuh korban tapi rakyat melawannya dengan gigih. Akhirnya Jepang meninggalkan pulau Biak.
  2. Perlawan Rakyat di Pulau Yopen Selatan
      Pelawan ini dipimpin oleh Nimrod. Ketika sekutu sudah mulai mendekat maka memberi bantuan senjata untuk melawan jepang sehingga perlawanan semakin sengit. Nimrod dihukum pancungoleh Jepang. Tetapi rakyat tidak takut dan munculah seorang pemimpin gerilya yaitu S. Papare.

f. Perlawan Rakyat di Tanah Besar, daratan Irian (Papua)
    Perlawanan ini dipimpin oleh Simson. Dalam perlawan rakyat bekerja sama dengan pasukan sekutu sehingga rakyat mendapatkan modal senjata dari sekutu.

0 Response to "Bentuk Perlawan Rakyat Kepada Jepang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel