Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial Budaya

Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial Budaya

  Adalah perubahan yang terjadi pada unsur-unsur sosial budaya dalam kehidupan masyarakat. Adapun pengertian menerut para ahali antara lain sebagai berikut.
a. Menurut Prof. Selo Soemardjan
     Merujuk pada perubahan lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang berpengaruh pada sistem sosialnya. Perubahan ini mencakup nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku.
b. Menurut Kingsley Davis
     Sebagai wujud perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi suatu masyarakat.
c. Menurut Samuel Koening
     Merujuk pada modifikasi dalam pola kehidupan manusia. Modifikasi tersebut bisa terjadi karena sebab dari internal dan eksternal yang mengakibatkan perubahan.
 Suatu perubahan sosial memiliki ciri-ciri, antara lain sebagai berikut.
a. Prubahan-perubahan sosial yang cepat pada umumnya mengakibatkan terjadinya diorganisasi sosial yang sifatnya sementara karena adanya proses penyesuaian diri,
b. Perubahan-perubahansosial tidak dapat dibatasi pada bidang kebendaan atau spiritual saja kerna keduanya memiliki hubungan timbal balik yang sangat kuat.
c. Perubahan sosial yang terjadi dimasyarakat tertentu akan diikuti perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga sosial lainya.
d. Tidak ada masyarakat yang berhenti berkembang, karena setiap masyarakat mengalami perubahan,, baik secara lambat ataupu cepat.
    Perubahan sosial (Social change) dapat diakatan perubahan ynag terjadi di lembaga-lembaga masyarakat yang dapat mempengaruhi sistem masyarakat baik positif maupun negatif..
  Selanjutnya, bentuk-bentuk perubahan sosil yang terjadi di sitem masyarakat dapay diklasifikasi sebagai berikut.

1. Menurut proses berlangsungnya, dapat dibedakan menjadi dua yaitu.
   a. Perubahan Cepat (Revolusi)
Revolusi yakni suatu perubahan sosial yang terjadi secara cepat dan mengenai dasar-dasar atau sendi-sendi pokok dari kehidupan masyarakat atau lembaga kemasyarakatan, serta dikehendaki oleh masyarakat.

Revolusi juga disebut perubahan secara besar-besaran dalam aspek yang mendasar. Waktu berjalannya evolusi bukan diukur oleh beberapa bulan atau tahun berlangsung, melainkan ditentukan oleh tingkat revolusi yang terjadi.

Misalnya, Revolusi Industri di Eropa abad XVIII, diperlukan waktu berpuluh-puluh tahun untuk melakukan sebuah perubahan dalam bidang industri.

  b. Perubahan Lambat (Evolusi)
       Misalnya hilang tradisi di kalangan masyarakat merupakan bentuk perubahan pola hidup masyarakat yang berlangsung secara perlahan-lahan dalam jangkau waktu yang sangat lama.

2. Menurut luasnya pengaruh yang ditimbulkannya, perubahan sosial dapat dibedakan menjadi dua antara lain sebagi berikut.
    a. Perubahan Sosial Berpengaruh Kecil
        Misalnya perubahan model pakaian, perubahan gaya hidup, yang pada umumnya berlangsung sementara dan hanya diminati oleh kalangan masyarakat tertentu.
    b. Perubahan Sosial Berpengaruh Besar
        Pada umunya perubahan ini mencakup teknologi. Misalnya ada listrik,Hand phone, Transfortasi,DLL.Karna semua itu mencakup kebutuhan dan dapat mempermudah masyarakat maka perubahan ini terjadi dengan cepat dan besar

3. Menurut peran manusi dalam perubahan sosial, dapat dibedakan menjadi dua antara lain sebagai berikut.
    a. PErubahan yang direncanakan
        Sering disebut pembangunan merupakan bentuk perubahan sosial budaya yang direncanakan sebelum terlaksana sesuai dengan rancangan yang matang. Perubahan yang direncanakan umumnya untuk menyejahterakan masyarakat.
    b. Perubahan yang tidak direncanakan
        Merupakan bentuk perubahan yang diakibatkan dari dampak negatif perubahan tersebut. Contohnya modernisasi berakibat banyak kenakalan remaja.

4. Menurut Dampaknya
    a. PErubahan Positif
        Bentuk perubahan yang membawa peningkatan dalam kebaikan dan kesejahteraan masyarakat.
    b. Perubahan Negatif
        Perubahan yang membawa dampak kepada masyarakat yang tidak menyenangkan.

0 Response to "Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial Budaya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel