Pengertian Qadzaf, Hukum Qodzaf dan Had Qodzaf

1. Pengertian Qadzaf

  Qadzaf menurut bahasa berarti melempar. Qadzaf ini menjadi khusus artinya dalam pengertian syara' ialah melemparkan tuduhan berzina dengan tuduhan

2. Hukum Qadzaf

 Menuduh berzina (qadzaf) adalah salah satu kejahatan yang hukumnya haram, bahkan merupakan salah satu dosa besar. Penegasan bahwa qadzaf adalah dosa   besar terdapat dalam AIQuran ."(An-Nur:23-24) Sabda Rasullullah dan sunnah Rasul.
 عن ا بى هر ير ة ا ن ر سو ل الله صل الله عليه و سلم قال ا جتنبوا السبع المو بقات قيل يا رسول الله وما هن قال الشرك بالله والسحر وقتل النفس التى حرم الله الا با لحق واكل مال اليتيم واكل الر الربا والتو لى يوم الرحف المحصنات الغا فلات المو منات
Artinya : “Dari Abu Hurairah ra. Nabi bersabda:”Jauhilah ulahmu tujuh (perkara) yang membinaskan di neraka, Nabi ditanya: “Apa saja tujuh perkara itu, Ya Rasulullah?” Rasulullah menjawab: “mensekutukan Allah, sihir, membunuh jiwa yang diharamkan kecuali dengan jalan yang sah menurut

syara', memakan riba, memakan harta anak yatim, berpaling dari medan perang yang sedang berkecamuk, dan menuduh berzina terhadap wanita baik-baik yang tak pernah ingat berbuat keji, lagi beriman”. (H.R. Bukhari , dan Muslim)

3. Had Qadzaf

 Perbuatan menuduh zina, diancam dengan sangsi hukum berupa jilid (dera) sebanyak delapan puluh kali jika pelaku penuduh zina itu merdeka dan setengahnya (empat puluh kali jika pelakunya budak (hamba sahaya), Firman Allah swt:

وَالَّذِينَ يَرْمُونَ الْمُحْصَنَاتِ ثُمَّ لَمْ يَأْتُوا بِأَرْبَعَةِ شُهَدَاءَ فَاجْلِدُوهُمْ ثَمَانِينَ جَلْدَةً وَلَا تَقْبَلُوا لَهُمْ شَهَادَةً أَبَدًا ۚ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ

Artinya : “Dan Orang-orang yang menuduh wanita yang baik-baik (berbuat zina) dan mereka tidak mendatangkan empat orang saksi, maka deralah mereka (yang menuduh itu) delapan puluh kali dera, dan janganlah kamu terima kesaksian mereka buat selamanya. Dan mereka itulah orang-orang yang fasik. ”(An-Nur:4)
Dalam ayat yang telah disebutkan di atas, dengan tegas dinyatakan bahwa orang yang menuduh perempuan muhshanat berzina, hukumnya adalah delapan pulu kali dera, jika si penuduh itu tidak dapat mengemukakan empat orang saksi kemudian didera delapan puluh kali, sanksi lainnya adalah kesaksiannya tidak dapat diterima selama-lamanya. Maksudnya selama hidupnya kesaksian orang pernah menuduh berzina tanpa dapat mengemukakan empat orang saksi tidak dapat diterima, kecuali kalau yang bersangkutan bertaubat, kesaksianya dapat diterima seperti disebutkan pada ayat 5 Surat An-Nur.

فَإِذَا أُحْصِنَّ فَإِنْ أَتَيْنَ بِفَاحِشَةٍ فَعَلَيْهِنَّ نِصْفُ مَا عَلَى الْمُحْصَنَاتِ مِنَ الْعَذَابِ

Artinya: “Dan apabila mereka (budak) telah menjaga diri dengan kawm, kemudian mereka mengerjakan perbuatan keji (zina) maka atas mereka separo hukuman dari hukuman wanit-wanita merdeka yang bersuami.(AnNisa: 25)
Ayat ini menjelskan bahwa had zina terhadap budak adalah setengah had zina terhadap orang yang merdeka. Had qadzaf bagi budak diqiyaskan kepada ketentuan ayat tersebut, yaitu sebagai (setengah) dari had qadzaf terhadap orang merdeka.

0 Response to "Pengertian Qadzaf, Hukum Qodzaf dan Had Qodzaf"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel