PENGERTIAN DAN PRINSIP-PRINSIP BUDAYA DEMOKRASI

         PENGERIAN DAN PRINSIP-PRINSIP BUDAYA DEMOKRASI

A. Pengertian Demokrasi
     Secara etimologis "demokrasi" berasal dari bahssa yunani "Demos" yang berati rakyat/penduduk suatu tempat dan "cretein" atau cratos yang berati kekuasaan atau kedaulatan rakyat. menurut Presiden Amerika Serikat ke-16 Abraham Lincoin adalah pemerintahan dari, oleh, dan untuk rakyat.
Dan ada beberapa macam demokrasi menurut para ahli sebagai berikukt


1.Pengertian Demokrasi Menurut Philippe C. Schmitter dan Terry Lynn Karl 
mengemukakan Pengertian Demokrasi merupakan suatu sistem pemerintahan dimana pemerintah dimintai tanggung jawab atas tindakan-tindakan mereka di wilayah publik oleh warga negara tersebut, jadi yang bertindak secara tidak langsung melalui kompetisi dan kerjasama dengan para wakil mereka yang telah terpilih.

2.Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli - Henry B. Mayo
Pengertian Demokrasi Menurut Pendapat Henry B. Mayo yaitu sistem politik menunjukkan bahwa kebijakan umum ditentukan atas dasar mayoritas oleh wakil-wakil yang diawasi secara efektif oleh rakyat dalam pemilihan-pemilihan berkala yang didasarkan atas prinsip kesamaan politik dan diselenggarakan dalam suasana terjaminnya kebebasan politik.

3.International Commission of Jurist
Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan di mana hak untuk membuat keputusan-keputusan politik diselenggarakan oleh warga Negara melalui wakil-wakil yang dipilih oleh mereka dan yang bertanggungjawab kepada mereka melalui suatu proses pemilihan yang bebas.

4.Affan Gaffar Ada Dua Macam Demokrasi
-Makna normatif adalah demokrasi yang ingin diwujudkan negara secara ideal. Makna normatif biasanya yang disebutkan dalam dasar konstitusi negara tentang bagaimana negara menginginkan demokrasi yang terwujud di negara dan apa saja yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan demokrasi ideal tersebut.
-Makna empirik adalah demokrasi yang terwujud sebagaimana adanya dalam realisasi. Makna empirik bisa disebut juga kenyataan yang terjadi di lapangan meskipun seringkali berbeda dengan makna ideal yang sudah disebutkan dalam dasar konstitusi. Fakta yang terjadi di lapangan biasanya dipengaruhi oleh sistem yang dijalankan pemerintah suatu negara; bisa saja lebih baik dari makna ideal, tetapi bisa juga merupakan kegagalan dari makna ideal.

5.Menurut Joseph A. Schmeter
sebuah sistem politik disebut demokratis sejauh para pengabil keputusan kolektifnya yang paling kuat dipilih melalui pemilu periodik, dimana hampir semua orang dewasa berhak memilih. Dalam hal ini demokrasi mencakup dua dimensi, yaitu: (1) Persaingan; dan (2) Partisipasi.

6.Sidney Hook
Demokrasi merupakan suatu perencanaan institusional untuk mencapai keputusan politik dimana individu-individu memperoleh kekuasaan untuk memutuskan cara perjuangan kompetatif atas suara rakyat.
suatu pemerintah dimana keputusan pemerintah yg penting secara langsung /tidak langsung berdasarkan kesepakatan mayoritas, yg diberikan secara bebas oleh masyarakat dewasa.


B. Alasan Demokarasi Dipilih Sebagai Sistem Bermsyarakat Dan Bernegara
   1. Hampir semua negara didunia ini telah menjadikan demokarasi sebagai asas fundamental
   2. Demokrasi sebagai asas kenegaraan secara esensial telah memberikan arah bagi peranan masyarakat.


C. Model-Model Demokrasi


Menurut Sklar

1.Demokrasi Liberal
Yaitu, pemerintahan yang dibatasi oleh undang-undang dan pemilihan umum bebas yang diselenggarakan dalam waktu tertentu. Banyak Negara afrika menerapkan model ini hanya sedikit yang isa bertahan.

2.Demokrasi terpimpin
 Para pemimpin percaya bahwa semua tindakan mereka dipercaya rakyat tetapi menolak pemilihan umum yang bersaing sebagai kendaraan untuk menduduki kekuasaan.

3. Demokrasi social
Yaitu, demokrasi yang menaruh kepedulian pada keadilan social dan egalitarinisme bagi persyaratan untuk memperoleh kepercayaan politik.

4.Demokrasi partisipasi
Yaitu, yang menekankan hubungan timba-balik antara penguasa dan yang dikuasai.

5.Demokrasi konsociational
Yaitu, yang menekankan proteksi khusus bagi kelompok-kelompok budaya yang menekankan kerja sama yang erat di antara elit yang mewakili bagian budaya masyarakat utama.


Menurut Inu Kencana

1.Demokrasi Langsung
 Demokrasi langsung terjadi jika rakyat mewujudkan kedaultannya pada suatu negara yang dilakukan secara langsung. Lembaga legislatif hanya berfungsi sebagai lembaga pengawas jalannya pemerintahan.

2.Demokrasi Tidak Langsung
 Demokrasi tidak langsung rakyat secara tidak langsung berhadapan dengan eksekutif tetapi melalui lembaga perwakilan. Demokrasi tidak langsung disebut juga dengan demokrasi perwakilan.


D. Nilai-Nilai Demokrasi
-Menjamin tegaknya keadilan
-Menekan penggunaan kebebasan seminimal mungkin.
-Menyelenggarakan pergantian kepemimpinan secara teratur.
-Menyelesaikan perselisihan dengan damai dan secara melembaga.
-menjamin terselenggaranya perubahan dalam masyarakat secara damai.
-Mengakui dan menganggap wajar adanya keanekaragaman.


E. Unsur-Unsur Demokrasi

 Negara Hukum

   a. Adanya perlindungan terhadap HAM.
   b. Adanya pemisahan dan pembagian kekuasaan pada lembaga negara untuk menjamin perlindungan.
   c. Pemerintahan berdasarkan peraturan.
   d. Adanya peradilan administrasi.

   Macam-Macam  Negara Hukum

   a. Negara hukum liberal 
       Ini merupakan negara hukum di mana warga negara dan pemegang kekuasaan harus tunduk pada peraturan negara. Dalam hal ini negara liberal menghendaki agar penguasa dan yang dikuasai telah membuat sebuah kesepakatan dalam bentuk hukum, selain ini orang yang menjabat harus memenuhi kriteria tertentu. Tipe ini menuntut negara bersifat pasif, yaitu seluruh unsur negara harus tunduk pada peraturan-peraturan negara.
 
b. Negara hukum Materil 
       Merupakan perkembangan lebih lanjut dari negara hukum formil, yaitu tindakan penguasa harus berdasarkan undang-undang tetapi dalam hal mendesak, demi kepentingan warga negara dibenarkan bertindak menyimpang atas dasar asas oppurtunitas (keuntungan).

   Masyarakat Madani (civil society)
      Dicirikan dengan masyarakat terbuka, bebas dari pengaruh kekuasaan dan tekanan negara, kritis dan berpatisipasi aktif, serta masyarakat egaliter.

   Infastruktur Politik
     Infrastruktur politik terdiri dari partai politik (political party), kelompok gerakan (movement group) dan kelompok penekan atau kelompok kepentingan (pressure/interest group). Partai politik merupakan struktur kelembagaan politik yang anggota-anggotanya mempunyai orientasi, nilai-nilai dan cita-cita yang sama yaitu memperoleh kekuasaan politik dan merebut kedudukan politik dalam mewujudkan kebijakan-kebijakannya.
 

   Pers Yang Bebas dan Bertagung Jawab
 
    a. Memberikan pendidikan politik rakyat dengan menumbuhkan kesadaran kritis masyarakat melalui berbagai informasi yang disajikan
    b. Sebagai sarana komunikasi timbal balik antara masyarakat dan pemerintah yang sangat diperlukan kedua belah pihak'
    c. Mendorong pertisipasi masyarakat untuk ikut serta dalam perumusan kebijakan publik.

F. Hakikat Budaya Demokrasi
    Munurut Gabriel Almond adalah kultur campuran antara kebebasan/partisipasi disatu pihak dan norma-norma perilaku dipihak lain.
 
   1. Prasyarat Utama Menuju proses demokrasi
      - Kultur Demokrasi adalah kultur campuran antara kebebasan/partisipasi disatu pihak dan norma-norma perilaku dipihak lain.
      - Kultur demokarasi bersumber pada masyarakat secara umum, yang mengandung social trust yang tinggi dan civicness, kecenderungan hubungan kerja yang bersifat horizontal.
      - Kultur demokrasi senantiasa berbasis masyarakat demokrasi
    2. Tahap-Tahap Membangau  Kultur Demokrasi
      - Tahap pertama adalah pembangunan institusi demokrasi.
      - Tahap kedua adalah proses mewujudkan sikap individu yang menduk Ciri-Ciri Demokrasi Menurut UUD 1945 ung demokrasi.
      - Tahap ketiga adalah uoaya mewujudkan struktur sosial dan kultur politik yang demokrasi.

G. Ciri-Ciri Demokrasi Menurut UUD 1945
    - Adanya jaminan HAM (pasal 28A-J UUD 1945)
    - Adanya jaminan kemerdekaan bagi warga negara untuk berkumpul dan oposisi
    - Perlakuan dan kedudukan sama bagi seluruh warha negara dalam hukum (Pasal 27 Ayat 1 UUD)
    - Kekuasaan yang dikontrol oleh rakyat oleh perwakilan yang dipilih oleh rakyat
    - Jaminan kekuasaan yang telah disepakati bersama

0 Response to "PENGERTIAN DAN PRINSIP-PRINSIP BUDAYA DEMOKRASI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel