Cara Masyarakat Mewariskan Masa lalu

Cara Masyarakat Mewariskan Masa lalu

 Ada dua aspek cara utama peninggalan masa lalu yaitu Material dan material, Material adalah peninggalan yang berwujud benda contohnya pusaka-pusaka sedamg nonmaterial adalah peninggaln berupa filsafah dan pandang hidup.
 Beberapa cara masyarakat mewariskan masa lalu diantaranya sebagai berikut:

 a. Melalui Keluarga
     Pengenalan dilakukan mulai dari yang sederhana (aspek-aspek material) hingga yang rumit (aspek-aspek nonmaterial). Aspek-aspek material, misalnya benda-benda yang dapat diraba dan dilihat. Aspek-aspek nonmaterial, misalnya kepercayaan, nilai, norma, dan bahasa. Pewarisan masa lalu tersebut dilakukan melalui sosialisasi langsung (disampaikan secara lisan atau dengan dongeng) maupun sosialisasi tidak langsung (dengan  contoh dalam  hal perilaku sehari-hari)

 b. Melalui Masyarakat
     Masyarakat adalah kestuan hidup manusia yang memiliki kebudayaan yang sama, wilayah, identitas, dan berinteraksi dalam suatu hubungan yang terstruktur dan ber langsung sangat lama.

   Masyarakat yang belum mengenal tulisan mewariskan masa lalunya melalui beberapa cara berikut
    - Tradisi dan adat istiadat yang mengatur perilaku dan hubungan antarindividu
    - Nasihat para leluhur yang dilestarikan melalui ingatan kolektif anggota masyarakat. Ingatan kolektif disampaikan secara lisan turun-temurun dari satu generasi ke generasi selanjutnya.
    - Peranan oranq yang dituakan atau pemimpin kelompok. Biasanya orang yang dituakan tersebut memiliki magis untuk menaklukkan alam.
    - Membuat suatu peringatan melalui lukisan, perkakas hidup, dan bangunan tugu atau makam untuk memuja arwah nenek moyang. Semuanya itu dapat diwariskan kepada generasi selanjutnya hanya dengan melihatnya.
    - Masa lalu diwariskan melalui kepercayaan yang menyangkut kepercayaan terhadap roh-roh serta arwah nenek moyang. Hal tersebut termasuk sejarah lisan karena meninggalkan bukti sejarah berupa benda-benda dan bangunan peribadatan. Misalnya, menhir dan dolmen.

0 Response to "Cara Masyarakat Mewariskan Masa lalu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel